PT Kanitra Mitra Jayautama dan Poliklinik UT Ajak Siswa SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta Kenali Dunia Industri dan Cegah Anemia

Anemia adalah satu masalah kesehatan remaja yang sangat mengkhawatirkan di Indonesia, selain fokus pada pendidikan. Remaja sering mengalami anemia, yang berdampak negatif pada kesehatan dan produktivitas mereka di masa depan.

Guna membantu mencegah dan mengurangi anemia di kalangan remaja, sehingga generasi berikutnya lebih sehat dan produktif, PT Kanitra Mitra Jayautama (KAMAJU) dan Poliklinik United Tractors (UT) mengadakan kegiatan “Karyawan Mengajar, Edukasi, & Pemeriksaan Kesehatan” di SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta, Penggilingan, Jakarta Timur, pada hari Kamis, 6 Juni 2024. Upaya ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan siswa, tetapi juga meningkatkan kemampuan karyawan KAMAJU untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.45 WIB dengan sambutan dari kepala sekolah SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta, diikuti dengan doa bersama. Para siswa kemudian menjalani pre-test untuk mengukur sejauh mana pengetahuan mereka sebelum menerima materi. Dr. Hera dari Poliklinik UT memberikan penjelasan mendalam tentang anemia, termasuk penyebab, gejala, dan cara pencegahannya. Setelah itu, Hestika dari KAMAJU menyampaikan materi tentang dasar-dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), yang penting untuk diketahui oleh siswa yang akan terjun ke dunia industri. Setelah sesi materi, dilakukan post-test untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan.

Setelah sesi edukasi, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan hemoglobin (Hb) untuk mendeteksi dini adanya risiko anemia pada siswa. Para siswa juga menerima tablet tambah darah sebagai langkah pencegahan. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada siswa yang mendapatkan skor tertinggi pada post-test dan kepada penanya terbaik selama sesi tanya jawab, serta diikuti dengan foto bersama. Melalui acara ini, KAMAJU menunjukkan komitmennya dalam memajukan pendidikan dan kesehatan di Indonesia. Dengan melibatkan karyawan dalam kegiatan edukasi, diharapkan perusahaan lain juga akan terinspirasi untuk berperan aktif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan generasi muda, sehingga tercipta generasi yang lebih kompeten dan sehat di masa depan.